Pada
abad ini, informasi merupakan komponen penting dari suatu organisasi, setingkat
dengan faktor-faktor penting lain seperti produksi. Dengan meningkatnya
kemajuan teknologi, organisasi-organisasi telah menyadari manfaat dari
teknologi informasi (TI) yang begitu besar untuk meningkatkan kualitas, akurasi
dan kecepatan dalam urusan-urusan penting organisasi tersebut dan kebanyakan manajer
telah menyadari akan pentingnya penggunaan IT tersebut dalam meningkatkan
efisiensi dan efektivitas organisasi dalam rangka meningkatkan kepuasan
pelanggan. Dalam penggunaan teknologi informasi di suatu organisasi, manajemen
risiko memainkan peran penting dalam melindungi informasi tersebut. Manajemen
resiko yang efektif adalah salah satu bagian yang paling penting dari suatu program
keamanan dalam organisasi. Makalah ini pertama menjelaskan mengenai pentingnya
manajemen resiko dan kerangka kerja untuk membangun suatu manajemen yang
efektif untuk mengidentifikasi, menilai dan mengurangi resiko yang ada dalam
system informasi tersebut. Selain itu, melalui manajemen risiko pada suatu organisasi
akan diperkenalkan dan dijelaskan pula mengenai metode seleksi yang tepat untuk
mengontrol keamanan, dan pada akhirnya, makalah ini mengusulkan bagaimana
menyukseskan penggunaan IT dan keamanannya melalui manajemen risiko.
No comments:
Post a Comment